Kamis, 22 Maret 2012

Obrolan di Teras Pesantren Putri Darul Qur’an

“Pah, kenapa sich ada orang Sirik, Dengki dan Suka ngadu ? Njilat gitu ….” Meluncur deras pertanyaan anak perempuanku yang sedang belajar di tahun pertama program Idaad Pesantren Putri Darul Qur’an pimpinan ustad Yusuf Mansyur.
“Memangnya kenapa ?”, tanyaku ganti bertanya sebelum menjawab pertanyaannya , “Memangnya teman kaka’ ada yang seperti itu ?”, aku lanjutkan pertanyaanku memancingnya untuk bercerita lebih detail lagi.
“Sebel dech pa, di Hujrohku ada anak yang bernama Mawar, nach dia ini suka sekali ngadu-ngadu, mata-matain gitu  ….”, mulai dia bercerita dengan mimik muka yang keliatan sekali kesel.
“Ngadu-ngadu mengenai apa  ?, kesiapa ?, trus apa sich yang dimata-matain ?”, tanyaku balik bertanya dengan beberapa pertanyaan biar lebih detail lagi ia bercerita.
“Gini loch Pah, kemarin tuch ada kejadian, dikamar mandi ada ember yang pecah tapi punya anak dari hujroh lain, yang mecahin nggak tau, tapi ember bekas pecahnya ditaruhnya di kamar mandi yang biasa digunakan ama aku dan temen-temen se hujrohku mandi, nach anak yang punya ini nangis soalnya dia mau nyuci nggak ada embernya trus dia nanya-nanya siapa yang mecahin ?, trus nuduh yang mecahin pasti yang biasanya mandi di kamar mandi situ soalnya ember pecah bekasnya disitu …..”
“Khan temen-temenku nggak terima Pah, trus mereka ngajakin aku kekamar mandi, ngeliat gitu …, sampai disana ech ternyata  embernya  pecah banget, kayaknya ada yang make isinya penuh trus nggak kuat ngangkat jatuh, makanya pecah dibawahnya pa ….”, nyerocos anakku bercerita
“Lach, terus emangnya setelah kaka’ kesana kaka’ ngapain ?, selesai masalahnya ?”, tanyaku ke dia pingin tau apa yang dilakukannya.
“Ya selesai lach….., khan aku kasihan, trus aku ngomong : Ya udach pake emberku ini aja, ntar aku minjem temen yang lain dulu, jawabku begitu”. “Makanya pah, sekarang aku beliin ember lagi heheheeeee” sambil nyengir dia ngomong begitu.

Perlahan aku tarik nafas sambil tersenyum trus aku lanjutkan dengan bertanya, “Trus hubungannya apa dengan orang sirik, dengki dan suka ngadu-ngadu tadi ?” 
“Nach temenku Mawar itu, khan nggak tau kejadiannya gimana, dia cuma dengerin pas temen-temen cerita trus dia lapor ke ustadzah, kayaknya ustadzah ngira aku yang mecahin dech, soalnya kock pandangannya gimana gitu”
“Lach emangnya kaka’ tahu kalo Mawar yang lapor ke ustadzah, khan kaka’ justru yang beresin ?” saya bertanya balik
“Ya tau lach, dulu dach pernah ada kejadiannya kock”
“Aku sedang ngomongin mau bikin baju gamis kembar modelnya seperti yang dibuatin mama, malah temen-temenku minta dijadiin kado ulang tahunku aja, tau-tau besoknya dia nanya :’Zista ustadzah nanya, anti bikin baju gamis kaya gitu biayanya berapa, bikinnya dimana, yang buat modelnya siapa ?’”
“Aku khan bingung Pah, trus aku balik nanya, ‘Loch ustadzah kock tau kalo kita mau bikin gamis samaan ?’, dia ngomong kalo dia yang cerita, nach dari situ aku tau pah berarti dia mata-matain kita kalo di hujroh, makannya kadang-kadang ustadzah nyindir-nyindir gitu kalo ngomong keadaan di hujroh” keliatan sekali kalo agak sebel ekspresi mukanya.

Waduch, dalam hati aku mulai deg-degan dan ngedumel sendiri ternyata di Pesantrenpun ada juga orang-orang berkarakter penjilat walaupun nggak jelas tujuannya apa.
Kalo dikehidupan luar khan jelas gimana perilaku orang-orang yang mempunyai ambisi besar dengan orang yang ambisinya biasa-biasa saja – Astaqfirullah

Perlahan aku bicara, “Biasa itu Ka’ ntar Kaka’ kalo pas udach lulus dari Pesantren bakal nemuin orang-orang model kaya’ gitu, tapi mereka lebih jahat lagi”  jelasku, “Kaka’ yang sabar aja nemuin temen yang kaya’ gitu ntar dia tau sendiri kock kualitas kaka’ seperti apa, biasanya dia seperti itu karena dia iri sama kaka’ ” panjang aku menjelaskannya
“Memangnya Kaka’ jadi apa sich di hujroh ?, kock sampai segitunya temen kaka’ ?” tanyaku.
“Aku nggak jadi apa-apa sich Pah, dia sama aku sama yang lain sama aja, cuma temen-temen itu kalo ada apa-apa senengnya curhat sama aku trus aku nggak pelit, kalo aku ada makanan nggak usah minta aku tawarin temen-temenku, malah pernah beli makanan dimakan berlima hahahahahaha” , sambil ketawa ngakak dia bercerita “Soalnya semua uang jajannya sudah abis, pada nungguin kiriman lagi” lanjutnya bercerita, “Terus aku nggak tau kenapa temen-temen itu sering bantuin aku, kalo pas abis makan mau cuci piring gitu tau-tau ada yang nawarin “Zista mana aku cuciin piring anti”, sambil bercerita dia tertawa hehehehehe.
“Ya… itu Ka’ yang bikin temen kaka’ iri” jelasku, “Tapi aku khan nggak ngapa-ngapain Pah, aku juga nggak minta temen-temen seperti itu ke aku, masa’ aku sich yang disalahin ?” protesnya.
“Nggak ada yang nyalahin kaka’, temen kaka’ itu iri karena kaka’ banyak temennya, trus disayang ama temen-temen yang lain, kenapa dia nggak bisa seperti kaka’ “ begitu jelasku.

“Trus Pah, aku sebel dech ama ukhti Bunga“,  tau–tau dia bercerita begitu sambil menangis emosional.
“Loch kenapa Ka’ ?”, tanyaku penasaran
“Jahat banget dech ukhti Bunga itu, masa’ dia ngelarang-ngelarang Tia, Dinda, Syifa deketan dan ngobrol sama aku”, “Emangnya aku salah apa, padahal aku juga jarang ngobrol deket sama ukhti Bunga” sambil nangis dia bercerita seperti itu.
“Masa’ Pah, dia ngomong gini coba : “Ngapain kamu temenan ama Zista ?, memangnya dia punya hafalan ?, kalo nggak punya hafalan nggak usah ditemenin aja”, kan nggak pantes pah dia ngomong seperti itu, padahal kan dia ukhti harusnya dia jadi penengah dong, kock malah ngelarang-ngelarang gitu…..” sambil nangis sewot dia bercerita.

Sambil tersenyum kecut aku ngomong ama anakku, “Ka’ kamu sudah punya hafalan belum ?”, “Ya sudah lach, memangnya punya hafalan apa nggak,  urusannya dia apa ?” masih sewot dia menjawab
“Banyak nggak hafalannya ? apa aja ? Al Waqiah, Yassin, Ar Rahman atau Al Mulk ?” tanyaku lebih lanjut, “Belum sebanyak itu sich, emang masih beberapa ayat aja….” mulai berkurang isakan tangisnya.
“Kaka’, kaka’ disini ada target untuk menghafal, kalo kaka’ nggak punya hafalan kaka’ akan tertinggal sama temen-temen kaka’” hati-hati aku menjelaskannya takut dia tersinggung.
“Mungkin maksudnya ukhti Bunga baik, biar kaka’ nggak ketinggalan sama temen-temen, terus supaya kaka’ bisa diajak masuk jadi temennya ukhti Bunga yang banyak hafalannya, tapi emang nggak perlu sampai segitunya sich…..” aku menjelaskan sambil mengarahkan dengan hati-hati. Akhirnya dia kembali seperti semula udach nggak nangis lagi.

Sepulang dari menjenguk anakku di pesantren, diperjalanan aku menerawang jauh.
Kira-kira di tempat kerjaku yang sekarang ini ada nggak yach orang yang seperti Mawar dan Bunga, Menguping pembicaraan bahkan mencari tahu kegiatan kita untuk disampaikan ke atasan dengan tendensi bahwa dia menjadi lebih deket dengan atasan atau iri karena tidak menjadi informal leader atau bahkan sengaja ingin menjatuhkan dengan mencari-cari kelemahan kita. Dan melarang orang lain bergaul dengan kita dengan membuat koloni-koloni kecil yang seirama, sejenis bahkan se Genre sebagai bentuk dari penolakan atas kehadiran kita atau takut tersaingi.
Wallahualam bi showab…………….   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar